Tuesday, December 20, 2005
Penguasaan Tenaga Dalam (2)
Pada tingkat lanjut anda akan memiliki kemampuan untuk tidak hanya merasakan namun juga mengendalikan (mengumpulkan tenaga disekitar perut, mengalirkan keseluruh tubuh, keluar tubuh dsb.) Dan pada tingkat warga (menjadi murid penuh - anggota dalam lingkaran perguruan) baru anda akan diberi kunci2 / teknik2 dan kemampuan untuk memanfaatkan energi tsb. sesuai dengan keperluan2 tertentu ... Pada tingkat puncak biasanya anda akan diberikan rahasia2 terdalam perguruan, diberi hak melatih dan mengembangkan ilmu bahkan diijinkan berguru pada pihak2 lain yang relevan dan tidak bertentangan dengan perguruan.

Jurus dasar bertujuan 'mengumpulkan / membentuk himpunan tenaga dalam dasar' anda pada satu wadah (solar plexus) - seluruh koordinasi dan pengendalian dipusatkan dan dilakukan dari sini, Kenapa solar plexus ? Karena wilayah sekitar pusar memiliki jaringan sel, otot dan fungsi faal tubuh yang terbanyak berkumpul dibanding daerah tubuh lainnya serta serta sirkulasi darah terbesar berlangsung - ibarat gudang penyimpanan, wilayah perut adalah yang terbesar dan terluas kapasitasnya. Dari wilayah perut ini pula transformasi energi (dari makanan) berlangsung - ingat kalo habis makan anda mengantuk karena sebagian besar sirkulasi darah (termasuk yang diotak) ditarik ketempat ini - antri untuk mendistribusikan hasil pengolahan nutrisi makanan.

Sedangkan bagi tubuh nutrisi inilah 'bahan kasarnya' energi ... Alasan lain yang mungkin agak aneh adalah : kalo dipusatkan / disimpan di tempat lain, tangan misalnya atau kaki maka tidak ada koordinasi gerak tubuh manusia yang secara langsung terfokus pada tempat tersebut, alias akan susah melatihnya. Kalau manusia beraktifitas tangan atau kaki hanya dipakai jika diperlukan, sebaliknya mana ada gerakan tubuh manusia yang tidak melibatkan perut ? Tidur sekalipun ... bukankah wilayah perut adalah pusat gerakan motorik tubuh : anda menengadah, perut ikut, melangkah ikut, demikian pula duduk. Lagipula perut adalah titik tengah (center) bagi titik2 lain diseluruh tubuh, kalo perut menjadi gudang energi adalah tepat karena energi dapat disalurkan keseluruh tubuh dengan cepat - jaraknya relatif sama, dari perut ke kepala - tangan - kaki dst.

Bagaimana pula dengan orang cacat tangan / kaki, apa bisa mengolah tenaga dalam ... lha kalo di perut (nggak mungkin orang nggak punya perut - kalo iya pasti nggak hidup) orang invalid sekalipun masih memiliki peluang untuk membangkitkan tenaga dalam. Sejalan dengan latihan jurus dasar / awal /pertama diharapkan kemampuan anda untuk berkonsentrasi juga meningkat dan sedikit demi sedikit tingkat kepekaan juga bertambah.

Gerak ritmik, monoton itu akan melatih dan merangsang fungsi syaraf tulang belakang dan otak untuk selalu 'mengikuti' rutinitas latihan itu - berarti latihan konsentrasi. Coba bandingkan dengan hipnotis, kondisi terhipnotis (mirip dengan konsentrasi) dicapai dengan pemusatan perhatian pada satu gerak ritmik monoton yang berulang2 / terus menerus.

Kemudian gerakan dan ritme nafas diubah pada jurus berikutnya sehingga syaraf dan otak menyesuaikan dengan pola baru tersebut, demikian berulang2 hingga satu seri jurus dasar diselesaikan. Dengan demikian konsentrasi anda akan dilatih dalam beberapa kondisi, tinggal dengan 'jurus' yang mana anda paling cocok untuk berlatih konsentrasi - minimal setiap orang akan sesuai dengan salah satunya, karena itu jurus dasar biasanya dilatih agak lama bahkan diulang2 - baru dilanjutkan dengan jurus2 lanjutan. Selain agar himpunan tenaga murni yang anda kumpulkan selama latihan 'memenuhi syarat standar' dan sederajat dengan rekan2 seangkatan juga agar konsentrasi dan 'kepekaan' anda makin tajam.

Pada tahap ini seharusnya anda sudah bisa merasakan adanya aktifitas energi disekitar pusar 'yang tidak biasa', rasa panas dan reaksi2 magnetis (saling menarik dengan sesama rekan, terlontar akibat dorongan tenaga balik dsb.) adalah 'gejala merasakan' yang paling umum. Dan setelah 'disempurnakan / dilantik / diijazahi / dibuka' guru anda akan benar2 mampu mengendalikan sepenuhnya sirkulasi energi tersebut, mau dialirkan ke tangan, kaki, kepala maupun ke benda2 dan orang lain. Hanya saja anda masih sebatas 'menyalurkan' dan belum bisa 'memfungsikan' energi tersebut untuk tujuan2 tertentu.
posted by Samsjul Hudha 11:14 AM  
 
0 Comments:
Post a Comment
<< Home

LSP Satria Nusantara Probolinggo
SEMBUH SEHAT SAUDARA
Sekretariat d/a PT Kertas Leces - Probolinggo
Hp. : 081-330 618 000
Fax. : 0335-680954
e-MAIL : samhudha@gmail.com

About Me
Name: Samsjul Hudha
Home:
About Me:
See my complete profile
Previous Post
Penyempurnaan hasil latihan oleh guru (1)
Penguasaan Tenaga Dalam (1)
Apakah "Tenaga Dalam" Itu ?
Peranan Seni Pernafasan Satria Nusantara
Pengobatan Energi Tenaga Dalam
Penutup
Pernafasan Bergerak dan Manfaatnya
Pernafasan Duduk dan Manfaatnya
Manfaat Pengolahan Pernafasan Satria Nusantara Dal...
Pembina LSP Satria Nusantara
Archives
December 2005
February 2006
March 2006
May 2006
August 2006
September 2006
October 2006
November 2006
December 2006
February 2007
March 2007
April 2007
June 2007
July 2007
August 2007
April 2008
May 2008
August 2008
September 2008
October 2008
November 2008
February 2009
Links
TemplatePanic
Blogger

 

Advertisement

 

About This Blog

This blog is powered by Blogger and optimized for Firefox.
Blog designed by TemplatePanic.


Kasih komentar ya... :