Thursday, December 08, 2005
Apakah "Tenaga Dalam" Itu ?


Saya tidak yakin apakah tenaga dalam itu memang ada ? bisa dijelaskan ?

-Semua itu tergantung dua hal , pertama keterbukaan pikiran anda untuk menerima hal baru Kedua apakah anda bersedia untuk mempraktekannya. Sebab tenaga dalam adalah ilmu praktek anda baru bisa mempercayainya setelah mempraktekan, merasakan sendiri bagaimana kekuatan tenaga dalam itu melemparkan atau membenturkan tubuh anda.

+ Anda mengatakan bahwa yang bisa meyakinkan kita ialah keterbukaan pikiran kita menerima hal yang baru. Apakah itu berarti bahwa tenaga dalam merupakan penemuan baru ? apakah pada zaman dahulu belum ada ilmu tenaga dalam ?

-Tenaga dalam adalah istilah baru, tetapi tenaga dalamnya sendiri sudah ada sejak zaman dahulu kala. Jika kita membaca sejarah babat tanah jawa, kita ketahui bahwa tenaga dalam sudah ada sejak zaman raja-raja di Indonesia yang pada waktu itu namanya bukan tenaga dalam. Orang zaman itu menamakannya dengan istilah kesaktian, kadigdayan,linuwih, dll.. Tetapi sejak kaum terpelajar kita keranjingan metode ilmiah segala sesuatu yang berhubungan dengan kesaktian telah dianggap sebagai tahayul dan omong kosong karena diangap tidak masuk akal dan ilmiah. Oleh karena kita pada umumnya tidak mempercayai bahkan membuangnya , maka tidaklah keliru jika tenaga dalam dikatan sebagai suatu hal yang baru.

SUMBER TENAGA DALAM.

+ Akhir akhir ini bermunculan puluhan mungkin juga ratusan perguruan, Lebaga,Yayasan Olah raga Seni Pernafasan tenaga dalam . Siapakah yang pertama kali menciptakan latihan tenaga dalam ? dan perguruan mana yang bisa dikatakan sebagai sumber ilmu tersebut ?

- Tidak ada data yang otentik siapa yang pertama kali menciptakan ilmu tenaga dalam. Hal ini tidak akan diketahui sampai selamanya dikarenakan setiap perguruan mempunyai sejarah yang berbeda dan masing masing mengklaim bahwa perguruannyalah yang paling tua dan baik. Hal serupa juga terjadi dikalangan perguruan beladiri seperti kung fu, karate, pencak silat, untuk mengetahui perguruan mana yang layak disebut sebagai sumber tenaga dalam diperlukan penelitian dan menghargai kebenaran sejarah.

APAKAH MANFAAT TENAGA DALAM BAGI KEHIDUPAN MODERN ?

+ Orang berbondong bondong belajar tenaga dalam, tidak ketinggalan para pejabat, cerdik pandai apakah yang mereka harapkan dari tenaga dalam ? bukankah tenaga dalam hanya suatu ilmu untuk bela diri ?

Pada awalnya memang ilmu tenaga dalam digunakan hanya untuk bela diri, tetapi setelah dikembangkan ternyata dapat dipergunakan untuk memecahkan berbagai macam problema dalam kehidupan masyarakat modern. Seperti berikut ;

  1. Bisa dipergunakan untuk bela diri jarak jauh,melempar musuh tanpa harus menyentuh, yang sangat tepat untuk menghadapi musuh/penjahat yang menyerang dengan mengunakan senjata tajam.
  2. Meningkatkan derajat kesehatan terutama bagi yang menjalankan latihan secara rutin.
  3. Guna menyembuhkan orang sakit secara individu. Maupun massal.
  4. Untuk menghadapi serangan santet/ilmu hitam
  5. Memagar rumah, harta benda dari pencurian, kejahatan

Sehingga banyak menarik minat kalangan masyarakat modern untuk mempelajarinya.


posted by Samsjul Hudha 12:52 PM  
 
0 Comments:
Post a Comment
<< Home

LSP Satria Nusantara Probolinggo
SEMBUH SEHAT SAUDARA
Sekretariat d/a PT Kertas Leces - Probolinggo
Hp. : 081-330 618 000
Fax. : 0335-680954
e-MAIL : samhudha@gmail.com

About Me
Name: Samsjul Hudha
Home:
About Me:
See my complete profile
Previous Post
Peranan Seni Pernafasan Satria Nusantara
Pengobatan Energi Tenaga Dalam
Penutup
Pernafasan Bergerak dan Manfaatnya
Pernafasan Duduk dan Manfaatnya
Manfaat Pengolahan Pernafasan Satria Nusantara Dal...
Pembina LSP Satria Nusantara
Kata Pengantar
Archives
December 2005
February 2006
March 2006
May 2006
August 2006
September 2006
October 2006
November 2006
December 2006
February 2007
March 2007
April 2007
June 2007
July 2007
August 2007
April 2008
May 2008
August 2008
September 2008
October 2008
November 2008
February 2009
Links
TemplatePanic
Blogger

 

Advertisement

 

About This Blog

This blog is powered by Blogger and optimized for Firefox.
Blog designed by TemplatePanic.


Kasih komentar ya... :