Thursday, December 08, 2005
Penguasaan Tenaga Dalam (1)

Kunci penguasaan tenaga dalam salah satunya adalah konsentrasi selain metode / teknik olah pernafasan. Akan saya coba jelaskan lebih dalam :Melihat 'kasus' anda, bisa dibilang anda sudah mampu membangkitkan tenaga dalam anda ... walaupun masih belum mampu 'merasakan'. Seberapa kuat tenaga dalam anda saat ini tidak seorangpun yang tahu karena energi tidak memiliki batas, yang bisa anda ukur hanyalah akibat dari penggunaan energi itu. Kalo anda bisa menjebol tembok dengan tangan kosong maka orang hanya bisa menduga berapa kg. tenaga yang dibutuhkan untuk melakukan hal itu - SATU HAL SAJA - sedang berapa banyak kekuatan yang anda miliki seluruhnya TIDAK DIKETAHUI.


Kikir patah dengan tenaga dalam ?

Siapa tahu saat melakukan itu anda bahkan tidak meneteskan satu biji keringatpun atau malah sudah abis2an. NOBODY KNOWS, yang jelas tenaga dalam adalah energi murni potensial yang siap sewaktu2 dipergunakan kalau diperlukan. Tidak usah susah2 berlatih, dalam keadaan kepepet dan nggak sadar bisa saja energi itu muncul . Apalagi anda sudah melatih / membangkitkannya, minimal kemungkinan energi itu dimanfaatkan semakin besar. Namun karena anda belum mampu 'merasakan' dan 'mengendalikannya' maka anda tidak bisa menyalurkannya sesuai 'keperluan' yang dikehendaki. Pada dasarnya membangkitkan tenaga dalam dapat dilakukan dengan mudah dan cepat, banyak metode mampu mewujudkannya hanya dalam beberapa 'langkah jurus dasar' saja - ini bisa berarti hanya beberapa menit latihan - namun pada tahap ini anda tidak menyadarinya (belum bisa merasakan). hanya guru atau pelatih yang bisa 'membaca' untuk selanjutnya menetapkan 'porsi latihan' yang sesuai dengan 'kapasitas wadah' anda.

Tingkatan jurus dasar bisanya berupa satu gerakan atau satu seri gerakan fisik yang berfungsi melatih / menekan aktifitas otot perut, jonjot2 / solar plexus dan sirkulasi darah / stabilisasi ritme jantung sehingga 'volumenya' bertambah. Diikuti metode pernafasan tertentu (intinya adalah pernafasan perut dan meningkatkan VO2MAX paru2), gerakan2 yang bersifat monoton, ritmik itu akan memaksa anda untuk berkonsentrasi pada satu hal saja yaitu gerak jurus dan pernafasan serta 'merasakan aktifitas' di dalam tubuh anda : sirkulasi darah (efek langsung latihan ini adalah keteraturan - sinkronisasi, efektifitas dan efisiensi fungsi nafas dan jantung - berakibat pada kelancaran sirkulasi darah) dan arus energi yang mengumpul di sekitar pusar.


posted by Samsjul Hudha 12:58 PM  
 
0 Comments:
Post a Comment
<< Home

LSP Satria Nusantara Probolinggo
SEMBUH SEHAT SAUDARA
Sekretariat d/a PT Kertas Leces - Probolinggo
Hp. : 081-330 618 000
Fax. : 0335-680954
e-MAIL : samhudha@gmail.com

About Me
Name: Samsjul Hudha
Home:
About Me:
See my complete profile
Previous Post
Apakah "Tenaga Dalam" Itu ?
Peranan Seni Pernafasan Satria Nusantara
Pengobatan Energi Tenaga Dalam
Penutup
Pernafasan Bergerak dan Manfaatnya
Pernafasan Duduk dan Manfaatnya
Manfaat Pengolahan Pernafasan Satria Nusantara Dal...
Pembina LSP Satria Nusantara
Kata Pengantar
Archives
December 2005
February 2006
March 2006
May 2006
August 2006
September 2006
October 2006
November 2006
December 2006
February 2007
March 2007
April 2007
June 2007
July 2007
August 2007
April 2008
May 2008
August 2008
September 2008
October 2008
November 2008
February 2009
Links
TemplatePanic
Blogger

 

Advertisement

 

About This Blog

This blog is powered by Blogger and optimized for Firefox.
Blog designed by TemplatePanic.


Kasih komentar ya... :